Diklat Instalasi Listrik Gelombang ke-5 CoE EARE, diikuti oleh Guru SMK dari Aceh hingga Maluku Utara

by Co-Director - 20 January 2020

Cimahi – Sebanyak 14 Guru telah mengikuti Diklat Instalasi Listrik Gelombang ke-5 CoE EARE dari 7 Juli – 17 Agustus 2019 di Gedung CoE EARE, P4TK BMTI Bandung. Diklat ini melibatkan guru dari berbagai provinsi yakni Aceh, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, hingga Maluku Utara. Setiap provinsi mengirimkan 2 guru untuk mengikuti pelatihan ini. Pelatihan diklat instalasi listrik gelombang ke-5 dilaksanakan selama 6 minggu sama seperti diklat-diklat sebelumnya.   

Mulhadi, salah satu peserta diklat dari Aceh, mengharapkan diklat ini dapat memberikan manfaat yang berkesinambungan baik kepada peserta diklat maupun siswa-siswi nantinya di sekolah agar siap bersaing di dunia industri. Selain itu, Selviwidakti, perwakilan guru dari SMKN 2 Bitung, Sulawesi Utara mengatakan diklat ini sangat bermanfaat dan memberikan wawasan baru terhadap guru-guru dalam proses belajar dan mengajar. 

Program diklat instalasi listrik ini memang berfokus pada praktik dibandingkan teori. Hal ini bertujuan agar para guru dapat benar-benar memberikan gambaran nyata keadaan dunia industri kepada siswa-siswinya. Diklat ini melibatkan expert dari Perancis, dan beberapa guru-guru andalan dari Widyaiswara P4TK BMTI. Selain metode pengajaran pedagolgi, peserta diklat juga mendapatkan materi dalam modul buku maupun dalam e-learning. 

“Tim pengajar diklat ini sangat kompeten dan mahir di bidangnya. Saya sangat senang berkesempatan mengikuti pelatihan ini. Selain meningkatkan kemampuan hardskill, saya juga belajar berkomunikasi bahasa Inggris dan mengenal beberapa kosa kata bahasa Perancis. Diklat ini benar-benar saya rasakan manfaatnya,” ujar Joni salah satu peserta diklat instalasi listrik gelombang ke-5. 

Center of Excellence EARE telah melatih guru-guru sejak tahun 2018 hingga saat ini. Pada diklat ke-5 ini, CoE EARE tetap mendapatkan respon dan umpan balik yang memuaskan dari peserta diklat. Setelah peserta diklat mengikuti diklat ini, mereka akan kembali ke daerahnya dan diharapkan dapat membagikan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan selama mengikuti diklat di P4TK BMTI Bandung. Selain itu di setiap sekolah yang mengirimkan peserta ke diklat ini akan mendapatkan seperangkat peralatan yang menunjang sistem belajar dan mengajar di sekolah. 

“CoE EARE tentu tidak akan hanya sebatas diklat di P4TK BMTI Bandung. Kami ingin diklat ini bisa berdampak besar di daerah-daerah sehingga kami berencana akan mengadakan CoE EARE Regional, yang mana guru-guru yang telah dilatih di sini menjadi pelatih untuk daerahnya setelah mendapatkan peralatan. Peserta yang akan mengikuti diklat regional ini dapat saja berasal dari instansi industri, pendidikan, perguruan tinggi, maupun pemerintah di sekitar daerah tersebut,” ujar Made Ardana selaku Kepala Bidang Program P4TK BMTI Bandung (coe/ag).


Related News

Kunjungan GIZ

GIZ mengadakan kunjungan ke Centre of Excellence EARE pada Jumat, 17 Desember 2021 dalam rangka diskusi kurikulum Pelatihan Energi Terbarukan, khususnya tenaga surya.


by Co-Director
19 December 2021

[SCHNEIDER ELECTRIC TEACHER MISSION WEBINAR - SESI 2]

Schneider Electric Indonesia hadir dengan program Teacher Mission 2023 untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya dalam bidang teknologi kelistrikan dan keberlanjutan. Materi yang disajikan mencakup keahlian utama (hard skill) dan keahlian pendukung (soft skill) sehingga para siswa SMK dapat siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompleks.


by Co-Director
3 May 2023

Pembukaan Pelatihan Energi Terbarukan untuk Instruktur Balai Latihan Kerja (BLK)

GFA Consulting Group kembali mengirimkan peserta pelatihan di Centre of Excellence. Kali ini, giliran instruktur dari Balai Latihan Kerja (BLK) yang akan mengikuti Advanced Training Solar Energy untuk durasi selama dua minggu terhitung mulai tanggal 14 hingga 25 Februari 2022.


by Co-Director
14 February 2022