Pembukaan Pelatihan Energi Terbarukan untuk Instruktur Balai Latihan Kerja (BLK)

by Co-Director - 14 February 2022
Setelah selesai pelatihan pertama untuk dosen Politeknik pada 31 Januari – 11 Februari 2022, GFA Consulting Group yang diberikan mandat dari pemerintah Swiss kembali mengirimkan peserta pelatihan di Centre of Excellence. Kali ini, giliran instruktur dari Balai Latihan Kerja (BLK) yang akan mengikuti Advanced Training Solar Energy untuk durasi selama dua minggu terhitung mulai tanggal 14 hingga 25 Februari 2022. Peserta pelatihan berasal dari berbagai BLK di seluruh Indonesia, universitas dan politeknik dari Maluku serta personil dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Mereka telah mengikuti pelatihan untuk Solar PV Basic di BLK Serang pada tahun 2021 dan pelatihan ini merupakan kelanjutannya. Pelatihan ini awalnya ditujukan untuk 15 orang, namun beberapa peserta mengalami hambatan terkait Covid, sehingga peserta yang bisa hadir hanya 13 orang. Untuk menjaga kesehatan peserta dan para personil selama pelatihan, peserta, pengajar dan panitia training diminta untuk melakukan tes antigen setiap hari. Hanya yang memiliki hasil negatif saja yang diperkenankan hadir. Dalam acara pembukaan yang dilaksanakan secara hybrid ini, turut hadir Bapak Supriyono selaku Kepala BBPPMPV BMTI yang memberikan materi tentang kebijakan program teknik energi terbarukan, Bapak Martin Stottele selaku Team Leader Renewable Energy Skills Development (RESD) GFA Group, Bapak Heru S. sebagai perwakilan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan, dan Bapak Laode Sulaeman dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) yang membuka program pelatihan ini secara resmi. Program pelatihan ini berjalan dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia untuk menjawab kebutuhan energi terbarukan untuk memasok persediaan listrik yang merata di seluruh Indonesia, kerja sama pemerintah Indonesia, Swiss dan Prancis.

Related News

Diklat Industri Otomasi Gelombang Pertama CoE EARE dibuka, libatkan 4 SMK, 2 Diantaranya dari Daerah Jawa Barat

Cimahi – Sebanyak 4 SMK berpartisipasi dalam Diklat Industri Otomasi Gelombang pertama CoE EARE dari 4 Agustus – 14 September 2019 di Gedung CoE EARE, P4TK BMTI Bandung.


by Co-Director
20 January 2020

CoE EARE meeting with Schneider Electric France

Our co-director, Manuel AZIBI, finally met the Schneider Electric France team. It was a pleasure to meet the team in person after working together on virtual reality and augmented reality project. In this team, we were able to meet Cédric Hénon, who was our student intern at the Centre of Excellence for Electricity, Automation and Renewable Energy for about 4 months in 2022 and who continues to work for Schneider Electric.


by Co-Director
11 August 2023

French Delegation from CMQ Reunion Island and Academy of La Reunion

Last week, we had a pleasure of receiving a French delegation from Academy of La Reunion & Campus des métiers et des qualifications civil engineering and eco-construction in a tropical environment composed by Brault Laurent, DRAFPIC, Ranjit ZANEGUY, Head of partnerships (DRAFPIC Réunion/Rectorat) & Didier CALOGINE, Professor at ESIROI [École Supérieure d’Ingénieurs Réunion Océan Indien] Engineering School.


by Co-Director
27 October 2023