CoE EARE Dukung Program Jabar Energi Juara, Sertifikasi 50 Instalatir Listrik Bersama IATKI

by Co-Director - 20 January 2020

Cimahi – 50 Instalatir Listrik Jawa Barat telah disertifikasi oleh IATKI dari 8 – 15 Juli 2019 di Gedung CoE EARE, P4TK BMTI Bandung. Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara Pemprov Jawa Barat dan International Copper Association (ICA) dalam program Jabar Energi Juara. CoE EARE turut berpartisipasi dalam pembekalan ketenagalistrikan dan bersama P4TK BMTI Bandung memfasilitasi pendukung sertifikasi baik teknis maupun non-teknis. 

Melalui program Jabar Energi Juara, program di bawah Departemen ESDM Pemprov Jabar, bersama ICA menyelenggarakan kampanye keamanan dan kenyamanan ketenagalistrikan dengan slogan “Safety, Green, and Smart Electricity” yang ditandai dengan pembagian sertifikasi gratis untuk para instalatir listrik. Tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan instalatir listrik yang kredibel dan kompeten sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat dalam hal instalasi listrik di rumah-rumah mereka. 

Berdasarkan hal tersebut, Pemprov Jawa Barat meluncurkan 100 sertifikasi gratis pada tahun ini. 50 sertifikasi gratis ini dilaksanakan oleh IATKI bekerjasama dengan CoE EARE dan P4TK BMTI Bandung. Standar yang digunakan dalam sertifikasi ini adalah standar ESDM di bidang ketenagalistrikan. Adapun level yang diujikan pada sertifikasi ini adalah level 1 sebagai Asisten Pelaksana Pembangunan dan Pemasangan Pemanfaatan Tenaga Listrik, level 2 sebagai Pelaksana Pembangunan dan Pemasangan Pemanfaatan Tegangan Rendah atau Instalatir Pemanfaatan Tegangan Rendah, dan level 3 dapat memilih secara bebas antara Proteksi Petir, Catu Daya, atau Pengukuran dan Alat Ukur Batas.

Center of Excellence EARE mendukung secara penuh program ini dalam hal pengenalan komponen dan peralatan instalasi listrik domestik dan cara penggunaannya. “Banyak sekali kejadian instalatir listrik yang tidak memahami konsep dan cara penggunaan alat yang benar. Selain itu etika bekerja juga perlu benar-benar dipahami instalatir agar dapat memberikan kenyamanan pada masyarakat yang membutuhkan instalatir listrik, maka dari itu kami siap membantu,” ujar Ahmad Dahlan selaku Co-Director CoE EARE. 

“Ini adalah pertama kalinya kami dibawah naungan Kemendikbud bisa bekerjasama ESDM melalui program ini. Tentu kami harap kerjasama ini bisa berkelanjutan mengingat pentingnya menciptakan instalatir-instalatir yang kredibel dan kompeten agar terciptanya masyarakat Jawa Barat yang aman dan instalasi listrik yang sehat di Jawa Barat,” ujar Agung Riyanto selaku Kepala Bagian Umum P4TK BMTI. (coe/ag)


Related News

Governing Board Meeting (GBM)

On Tuesday 16 May 2023, France and Indonesia held a successful Governing Board Meeting (GBM) at the Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia). The Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia (Kemendikbud), the Ministry of National Education and Youth, Schneider Electric Indonesia, the Schneider Electric Foundation and the French Embassy in Indonesia participated in this meeting.


by Co-Director
19 May 2023

GIZ's visit

The Centre of Excellence for Electricity, Automation and Renewable Energy had an honor to receive Catoer Wibowo and Dintani Naimah from Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH or commonly known as GIZ Indonesia & ASEAN on Tuesday, April 11, 2023.


by Co-Director
18 April 2023

Pelatihan CoE EARE Bidang Instalasi Listrik Angkatan ke-3 telah dibuka, 15 SMK mengkonfirmasi keikutsertaannya

Pada tanggal 8 November 2021 pukul 08.30 di gedung CoE EARE BBPPMPV BMTI, dibuka Pelatihan Instalasi Listrik Angkatan ke-3


by Co-Director
18 November 2021